Thursday, November 9, 2017

MERAKIT PERSONAL COMPUTER BERPROSESOR INTEL LGA 775



BAB III
LAPORAN PRAKERIN
MERAKIT PERSONAL COMPUTER BERPROSESOR INTEL LGA 775
3.1. PENGERTIAN  KOMPUTER
Komputer adalah alat yang digunakan pakai untuk mengola data menurut perintah yang telah dirumuskan data komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaanya melakukan perhitungan arit matika, dengan atau tanpa alat bantu, tapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.Asal mulanya, pengolahan informasi hampir ekslusif berhubungan dengan masalah arit matika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektonik yang terdiri dari beberapa komponen,yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan satu informasi berdasarkan program data yang ada.Adapun komponen komputer adalah meliputi: Layar Monitor, CPU,keyboard, mouse,dan  printer(sebagai pelengkap). Tanpa printer tetap dapat melakukan tugas nya sebagai pengolah data,namun sebatas terlihat di layar monitor sebagai belum dalam bentuk  print out (kertas).
Dalam definisi seperti ini terdapat alat seperti slide rule,jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya,sampai semua komputer elektonik yang kontemporer.Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti”komputer” adalah”yang memproses informasi”atau”sistem pengolah informasi”.Saat ini komputer sudah semakin canggih. Tetapi sebelumnya komputer tidak sekecil,sekeren sekarang.
3.2. SEJARAH KOMPUTER
A.Generasi Pertama
Dengan terjadinya  Perang Dunia Kedua, negara-negar yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Padatahun 1941,Kontrad Zuse, seseorang insinyur membangun sebuah komputer, Z3, mendisain pesawat terbang dan peluru kendali .
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, Pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh erman .Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkrmbangan industri komputer dikarenakan dua alasan.Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya desain untuk memcahkan kode rahasia. Kedua, Keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaanya sehingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat ini menghasilkan suatu kemajuan lain.Howard H. Aiken(1900-1973), Seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah Lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Hardvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,dan mark I, merupakan komputer relai elektronik.ia menggunakan sinyal elektro magnetik untuk menggunakan komponen mekanik.Mesin tersebut beroperasi dengan lambat(ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat di ubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan arit matik dasar dan pesamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalahElectronic Numerical Integrator and Computer (ENIEC), yang dibuat oleh kerja sama antara pemerintah Amerika serikat dan Unifersiti Of Pennsylvania.Terdiri dari 18.000 tabun vakum, 70.000 resistor,dan 5 juta titik soldier komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160 KW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1985) dan John W.Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakn komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali ebih cepat dari pada Mark 1.
Pada pertengahan 1940-n John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim Univerity Of Pennsylvaniadalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 thn mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Otomatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memory untuk menampung baik program ataupun data.Teknik ini memukinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemprosesan sentral (CPU), yang memungkinkan sekuruh fungsi komputer untuk di koordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951,UNIVAC 1 yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memnfaatkan model arsitektur VonNeumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilan dalam memprkdiksi kemenangan Dwiligth D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi Pertama dikaraksteristik dengan fakta bahwa intruksi operasi dibuat dengan cara sepesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine laguage). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk di program dan membatasi kecepatan nya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk menyimpan data.


B.Generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Trnsistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuaan ini yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulu nya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama stretch, dan Sprery-Rand  membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang perna dipasang dan digunakan; satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, Calivornia, dan yang lain nya di US Navy Research and Development Center di Washinton D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses dibidang bisnis, di universitas,dan dipemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat di asosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi dan program.
Salah satu contoh pinting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas dikalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemograman yang ada didalam nyamemberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi pengguna bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak fektor pembeliaan konsumendan kemudiaan menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemograman mulai bermunculan pada saat ini. Bahasa pemograman Common Business-Oriented Laguage (COBOL) dan Formula Traslator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (Programer, analisis sistem, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

C.Generasi ketiga
Walaupu transistor dalam banyak hal mengguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagiaan-bagiaan internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini . Jack kilby, seorang insinyur di Tekas Intrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah chip tunggal yang disebut semi konduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuaan komputer generasi ketiga lain nya adalah pengguna sistem operasi (Operating System) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkooardinasi memori komputer.
D.Generasi keempat
Setelah(Integrated Circuit) IC, tujuan pengembangan sangat lebih jelas, mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektronik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI)meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuaan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja , efesiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuaan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer(Central prosesing unit, memory, dan kendali input/output) dalam sebuah Chip yang sangat kecil. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudiaan diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudiaan, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikiaan memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lemabaga pemerintahan. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka kemasyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut mini komputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatiaan konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan pengguna personal computer (PC) untuk penggunaan dirumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudiaan, 65 juta PC digunakan. Komputer elanjutkan evolusi nya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada diatas meja (dekstop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan kedalam tas (leptop), atau bahkan komputer yang dapat di genggam (palmto).
IBM PC bersaing dengan apple macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafik pada komputernya, sementra saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mause.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM Complatible dengan pemakaiaan CPU: IBM PC/486, pentium, pentium II, pentium IV, (Serial dan CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua tergolong dalam komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer ditempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komuter-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tgas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN) atau (kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar).


E.Generasi kelima
Mendefinisikan generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat mudah. Contoh imaajinatif  komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL 9000 dari novel karya Arthur C.Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL yang menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima intruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuaan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertiaan manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertiaan ketimabang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuaan dibidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuaan pemprosesan pararel, yang akan menggantikan model non neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan  banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuaan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa adahambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new computer Thechnology) juga di bentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
3.3. Alat dan Bahan
A.Alat
1.      Obeng
2.      Tang
3.      Tang pemotong
4.      Tang pemutus
B. Bahan yang digunakan
1.      Jumper Mainboard
2.      Prosesor
3.      Heatsink (kipas prosesor)
4.      Memori RAM
5.      Mainboard pada Casing
6.      VGA Card (Vidio Grapics Array)
7.      Power supply(Ctu Dya)
8.      Kabel-kabel Motherboard
9.      ODD  (OpticAL Device Drive)seperti DvD (Digital Versatile Disc) dan HDD (Harddisk Drive)
10,  Finishing/Penyelesaiaan
11.Test PC (Perconal Computer)
3.4. Langkah-langkah merakit personal komputer
a. Pasang Jumper Mainboard
Jumper merupakan komponen kecil yang diletakkan pada mainboard sebagai pengatur  CPU dan tegangan yang masuk ke dalam mainboard. Pengaturan jumper yang salh bisa berakibat merusak prosesor.
Gambar 3.1 jumper Mainboard
b. Pasang prosesor
Pemasangan prosesor pada mainboard akan lebih mudah untuk dilakukan apabilamainboardbelum terpasang pada casing. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memasang prosesoryaitu, menentukan terlebih dahulu posisi 1 pin. Biasanya terdapat tanda pada prosesor pada setiap ujung nya (), masukkan arah prosesor sesuai dengan pin, angkat tuas pengunci dalam posisi tegak dan terbuka kemudiaan pasang prosesor pada socket prosesoe yang ada pada mainboard (), setelah prosesor terpasang pada mainboard, maka kembalikan tuas pengunci kearah bawah untuk menutup prosesor.
Gambar 3.2 Pasangan Prosesor
Gambar 3.3 Pasangan Prosesor
c.Pasang Heatsink (Kipas Prosesor)
Prosesor mempunyai suhu yang sangat panas pada saat komputer dalam kondisi menyala. Oleh karenanya diperluklan kipas untuk mengurangi hawa panasnya. Heatsink adalah kipas yang dipasang tepat diatas prosesor. Untuk memasangnya cukup mudah, hanya tinggal memasukkan kaki-kakinya saja kedalam mainboard dan dikencangkan. Heatsink dibekali sebuah konektor yang disambungkan pada mainboard sebagai dayanya.
 



                                                  
Gambar 3.4 Pemasaang Hansink (kipas proseso
d.Pemasangan Memori
Umumnya memori yang digunakan pada saat ini adalah berjenis RAM (DDR2 dan DDR3). Pastikan terlebih dahulu jika socket memori pada mainboard anda adalah tipe socket dengan jenis ini agar sesuai. Cara pasang memori cukup mudah, yaitu dengan menyesuaikan cekungan yang ada pada memori dengan slot pada maninboard.



Gambar 3.5 Pemasangan Memori
e. Pasang Mainboard pada Casing
Langkah selanjutnya adalah memasang mainboard pada casing. Cara memasang mainboard pada casing adalah dengan cara menentukan dudukan (mounting) maiboard pada cesing. Jika dudukan telah dipasang, maka anda memerlukan beberapa perkakas seperti obeng untuk mengencangkan sekrupnya. Atur letak posisi I/O (input/output) dengan benar. Hati-hati dan pelan-pelan saat memasangnya supaya mainboar tidak rusak/patah.
Gambar 3.6 Pemasangan Mainboard
f. Pasang VGA Card
Setelah mainboard terpasang casing, langkah selanjutnya adalah memasang VGA (Video Grapic Array) Card. Cara pasang VGA Card pada dasarnya hampir sama dengan cara memasang memori yaitu dengan menyesuaikan cekungan slot yang ada pada mainboard. Penempatan VGA Card pada mainboard bisa anda lihat pada table mainboard manual diagram instruction yang menunjukan AGP Slot



g. Pasang Power Supply (Catu Daya)
Langkah selanjutnya adalah memasang power supply atau catu daya. Power supply terletak pada bagian pojok atas dibagian belakang casing. Cara memasangnya cukup mudah, yaitu dengan menempatkanya pada tempat (bays) Power supply yang sudah di sediakan kemudian mengencangkan baud-baudnya dengan obeng.Jangan sampai goyang dan pastikan tidak dengan posisi terbalik(Upside down).
Gambar 3.8 Pemasangan Power Supply


h.Pasang kabel-kabel Matherboard
Sabungkan semua kabel-kabel yang tersedia pada power supply kemain board untuk memberikan daya.Atur sesuai gambar dibawah dan tinggalkan kabel untuk HDD(Hardisk Drive) dan ODD(Optical Device Drive)
Gambar 3.9 Pemasangan Kabel-kabel Mainboard
I.Pasang ODD(Optical Device Drive) Seperti DVD Dan HDD(Hardisk Drive)
Setelah kabel-kabel power supply terpasang pada mainboard, langkah selanjutnya adalah memasang Hard Disk Drive Pada casing. Sesuaikan pada masing-masing Hard Drive Sesuai dengan ruangan Drive pada casing (Bays) Biasanya untuk DVD (Digital Versatile  Disk) diletakkan pada casing bagian paling atas depan, sedangkan HDD (Hardisk Drive) terdapat bays tersendiri. Buka penutup bays Drive pada casing dan kemudian pasang dan kencangkan baud-baudnya.Jika Hard Drive telah terpasang sempurna, kemudian colokkan kabel pada power supply, pada masing Hard Drive.
j. Finishing/Penyelesaan
Setelah semua kabel dan konektor telah tersambung, begitu pula pada mainboard pada casing.Kini saatnya melakukan finishing dengan mengecek seluruh fungsi dari komponen-komponen yang telah dirakit menjadi sebuah computer PC.Langkah-langkah pengecekan yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:
a. Pasang penutup casing dengan sempurna menggunakan perkakas obeng.
b. Pasang kabel port VGA kemonitor dan colokkan kabel power pada monitor
c. Colokkan kabel power CPU ke socket/seklat listrik dan nyalakan
k. Test PC (Personal Computer)
Saat monitor dan PC dinyalakan, jika tak ada masalah,maka selanjutnya PC akan masuk pada mode POST dan tinggal melakukan pengaturan setting BIOS.Permasalahan yyang sering terjadi adalaah kesalahan pemasangan kabel, pemasangan komponen yang tidak pas dan lain sebagainya.Biasanya kesalahan tersebut akan langsung terdeteksi dan PC akan mengeluarkan tanda berupa bunyi beep dengan nada yang teratur. Periksa kembali pemasangan kabel dan cek posisi komponen-komponenya.

No comments:

Post a Comment