BAB III
LAPORAN PRAKERIN
MERAKIT PERSONAL COMPUTER
BERPROSESOR INTEL LGA 775
3.1.
PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer
adalah alat yang digunakan pakai untuk mengola data menurut perintah yang telah
dirumuskan data komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang
pekerjaanya melakukan perhitungan arit matika, dengan atau tanpa alat bantu, tapi
arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir ekslusif berhubungan dengan masalah arit matika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Secara
luas, komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektonik yang
terdiri dari beberapa komponen,yang dapat bekerja sama antara komponen satu
dengan yang lain untuk menghasilkan satu informasi berdasarkan program data yang
ada.Adapun komponen komputer adalah meliputi: Layar Monitor, CPU,keyboard, mouse,dan printer(sebagai pelengkap).
Tanpa printer tetap dapat melakukan
tugas nya sebagai pengolah data,namun sebatas terlihat di layar monitor sebagai
belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam
definisi seperti ini terdapat alat seperti slide
rule,jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya,sampai semua
komputer elektonik yang kontemporer.Istilah lebih baik yang cocok untuk arti
luas seperti”komputer” adalah”yang memproses informasi”atau”sistem pengolah
informasi”.Saat ini komputer sudah semakin canggih. Tetapi sebelumnya komputer
tidak sekecil,sekeren sekarang.
3.2.
SEJARAH KOMPUTER
A.Generasi
Pertama
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua,
negara-negar yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan
komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik
komputer. Padatahun 1941,Kontrad Zuse, seseorang insinyur membangun sebuah
komputer, Z3, mendisain pesawat terbang dan peluru kendali .
Pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun
1943, Pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh erman .Dampak
pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkrmbangan industri komputer
dikarenakan dua alasan.Pertama, Colossus bukan merupakan komputer
serbaguna(general-purpose computer), ia hanya desain untuk memcahkan kode
rahasia. Kedua, Keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaanya sehingga satu dekade
setelah perang berakhir.
Usaha
yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat ini menghasilkan suatu kemajuan
lain.Howard H. Aiken(1900-1973),
Seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator
elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah
Lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Hardvard-IBM Automatic Sequence Controlled
Calculator,dan mark I, merupakan
komputer relai elektronik.ia menggunakan sinyal elektro magnetik untuk
menggunakan komponen mekanik.Mesin tersebut beroperasi dengan lambat(ia
membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan
kalkulasi tidak dapat di ubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan
arit matik dasar dan pesamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan
komputer lain pada masa kini adalahElectronic
Numerical Integrator and Computer (ENIEC), yang dibuat oleh kerja sama
antara pemerintah Amerika serikat dan Unifersiti Of Pennsylvania.Terdiri dari
18.000 tabun vakum, 70.000 resistor,dan 5 juta titik soldier komputer tersebut
merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160 KW.
Komputer
ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1985)
dan John W.Mauchly (1907-1980), ENIAC
merupakn komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali
ebih cepat dari pada Mark 1.
Pada
pertengahan 1940-n John Von Neumann
(1903-1957) bergabung dengan tim
Univerity Of Pennsylvaniadalam usaha membangun konsep desain komputer yang
hingga 40 thn mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Otomatic
Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memory untuk menampung baik
program ataupun data.Teknik ini memukinkan komputer untuk berhenti pada suatu
saat dan kemudian melanjutkan pekerjannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemprosesan sentral
(CPU), yang memungkinkan sekuruh fungsi komputer untuk di koordinasikan melalui
satu sumber tunggal. Tahun 1951,UNIVAC 1
yang dibuat oleh Remington Rand,
menjadi komputer komersial pertama yang memnfaatkan model arsitektur VonNeumann tersebut.
Baik
Badan Sensus Amerika Serikat dan General
Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilan dalam
memprkdiksi kemenangan Dwiligth D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun
1952.
Komputer
Generasi Pertama dikaraksteristik dengan fakta bahwa intruksi operasi dibuat
dengan cara sepesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki
program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine laguage). Hal ini menyebabkan
komputer sulit untuk di program dan membatasi kecepatan nya. Ciri lain komputer
generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa
tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk menyimpan
data.
B.Generasi kedua
Pada
tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.
Trnsistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya,
ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor
mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuaan ini yang
berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi
kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat
energi dibanding para pendahulu nya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi
baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama stretch, dan Sprery-Rand membuat
komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk
laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan
yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung
terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi
kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang perna dipasang dan digunakan; satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
Calivornia, dan yang lain nya di US
Navy Research and Development Center di Washinton D.C. Komputer generasi
kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah
bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
Pada
awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses dibidang
bisnis, di universitas,dan
dipemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang
sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang
dapat di asosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam
disket, memory, sistem operasi dan
program.
Salah
satu contoh pinting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas
dikalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar
menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program
yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemograman yang ada didalam
nyamemberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan
kinerja dengan harga yang pantas bagi pengguna bisnis. Dengan konsep ini,
komputer dapat mencetak fektor pembeliaan konsumendan kemudiaan menjalankan
desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemograman mulai
bermunculan pada saat ini. Bahasa pemograman Common Business-Oriented Laguage (COBOL) dan Formula Traslator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemograman
ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat dan formula
matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang
untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (Programer, analisis sistem, dan ahli
sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang
pada masa komputer generasi kedua ini.
C.Generasi ketiga
Walaupu
transistor dalam banyak hal mengguli tube vakum, namun transistor menghasilkan
panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagiaan-bagiaan internal
komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini . Jack kilby, seorang insinyur di Tekas Intrument, mengembangkan sirkuit
terintegrasi (IC: integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga
komponen elektronik dalam sebuah chip
tunggal yang disebut semi konduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil
karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuaan komputer
generasi ketiga lain nya adalah pengguna sistem operasi (Operating System) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan
berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang
memonitor dan mengkooardinasi memori komputer.
D.Generasi keempat
Setelah(Integrated Circuit) IC, tujuan
pengembangan sangat lebih jelas, mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektronik. Large Scale
Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI)
memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale
Integration (ULSI)meningkatkan jumlah tersebut
menjadi jutaan. Kemampuaan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam
suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga
dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja , efesiensi dan
keterandalan komputer. Chip Intel 4004
yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuaan pada IC dengan meletakkan seluruh
komponen dari sebuah komputer(Central prosesing
unit, memory, dan kendali input/output) dalam sebuah Chip yang sangat kecil. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat
diproduksi dan kemudiaan diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang
diinginkan. Tidak lama kemudiaan, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi dan mobil
dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi
dengan mikroprosesor.
Perkembangan
yang demikiaan memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lemabaga
pemerintahan. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan
produk komputer mereka kemasyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut
mini komputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh
kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video
game seperti Atari 2600 menarik perhatiaan konsumen pada komputer rumahan
yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada
tahun 1981, IBM memperkenalkan pengguna personal
computer (PC) untuk penggunaan dirumah, kantor,
dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981
menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudiaan, 65 juta PC
digunakan. Komputer elanjutkan evolusi nya menuju ukuran yang lebih kecil, dari
komputer yang berada diatas meja (dekstop computer)
menjadi komputer yang dapat dimasukkan kedalam tas (leptop), atau bahkan komputer yang dapat di genggam (palmto).
IBM
PC bersaing dengan apple macintosh dalam
memperebutkan pasar komputer. Apple
macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafik pada
komputernya, sementra saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.
Macintosh juga mempopulerkan penggunaan
piranti mause.
Pada masa sekarang, kita mengenal
perjalanan IBM Complatible dengan
pemakaiaan CPU: IBM PC/486, pentium,
pentium II, pentium IV, (Serial dan CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua tergolong dalam
komputer generasi keempat.
Seiring
dengan menjamurnya penggunaan komputer ditempat kerja, cara-cara baru untuk menggali
potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer
kecil, komuter-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu
jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk
dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tgas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga Local Area Network atau LAN) atau (kabel telepon, jaringan ini
dapat berkembang menjadi sangat besar).
E.Generasi
kelima
Mendefinisikan
generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat mudah. Contoh
imaajinatif komputer generasi kelima
adalah komputer fiksi HAL 9000 dari novel karya Arthur C.Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL yang menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki
nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual,
dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun
mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang
dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima intruksi secara
lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuaan untuk menterjemahkan bahasa
asing juga menjadi mungkin. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit
dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertiaan manusia sangat
bergantung pada konteks dan pengertiaan ketimabang sekedar menterjemahkan
kata-kata secara langsung.
Banyak
kemajuaan dibidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan
komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuaan
pemprosesan pararel, yang akan menggantikan model non neumann akan digantikan
dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan
banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuaan lain adalah
teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa adahambatan
apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang
adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer
generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new computer Thechnology) juga di
bentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini
telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di
dunia.
3.3. Alat dan Bahan
A.Alat
1. Obeng
2. Tang
3. Tang
pemotong
4. Tang
pemutus
B.
Bahan yang digunakan
1. Jumper Mainboard
2. Prosesor
3. Heatsink (kipas
prosesor)
4. Memori
RAM
5. Mainboard pada Casing
6. VGA
Card (Vidio Grapics Array)
7. Power supply(Ctu
Dya)
8. Kabel-kabel
Motherboard
9. ODD
(OpticAL
Device Drive)seperti DvD (Digital
Versatile Disc) dan HDD (Harddisk
Drive)
10,
Finishing/Penyelesaiaan
11.Test PC (Perconal Computer)
3.4. Langkah-langkah merakit
personal komputer
a. Pasang Jumper Mainboard
Jumper merupakan
komponen kecil yang diletakkan pada
mainboard sebagai
pengatur CPU dan tegangan yang masuk ke
dalam mainboard. Pengaturan jumper yang
salh bisa berakibat merusak prosesor.

Gambar
3.1 jumper Mainboard
b. Pasang prosesor
Pemasangan prosesor
pada mainboard akan lebih mudah untuk dilakukan apabilamainboardbelum terpasang pada casing. Hal-hal yang perlu
diperhatikan saat memasang prosesoryaitu, menentukan terlebih dahulu posisi 1
pin. Biasanya terdapat tanda pada prosesor pada setiap ujung nya (), masukkan
arah prosesor sesuai dengan pin, angkat tuas pengunci dalam posisi tegak dan
terbuka kemudiaan pasang prosesor pada socket
prosesoe yang ada pada mainboard (), setelah prosesor terpasang pada
mainboard, maka kembalikan tuas pengunci kearah bawah untuk menutup prosesor.
Gambar
3.2 Pasangan Prosesor

Gambar
3.3 Pasangan Prosesor
c.Pasang Heatsink (Kipas Prosesor)
Prosesor
mempunyai suhu yang sangat panas pada saat komputer dalam kondisi menyala. Oleh
karenanya diperluklan kipas untuk mengurangi hawa panasnya. Heatsink adalah kipas yang dipasang
tepat diatas prosesor. Untuk memasangnya cukup mudah, hanya tinggal memasukkan
kaki-kakinya saja kedalam mainboard dan dikencangkan. Heatsink dibekali sebuah konektor yang disambungkan pada mainboard
sebagai dayanya.
Gambar 3.4 Pemasaang Hansink (kipas proseso
d.Pemasangan Memori
Umumnya memori yang
digunakan pada saat ini adalah berjenis RAM (DDR2 dan DDR3). Pastikan terlebih
dahulu jika socket memori pada mainboard anda adalah tipe socket dengan jenis
ini agar sesuai. Cara pasang memori cukup mudah, yaitu dengan menyesuaikan
cekungan yang ada pada memori dengan slot pada maninboard.
Gambar
3.5 Pemasangan Memori
e. Pasang Mainboard pada Casing
Langkah
selanjutnya adalah memasang mainboard pada casing.
Cara memasang mainboard pada casing adalah
dengan cara menentukan dudukan (mounting) maiboard pada cesing. Jika dudukan
telah dipasang, maka anda memerlukan beberapa perkakas seperti obeng untuk mengencangkan
sekrupnya. Atur letak posisi I/O (input/output) dengan benar. Hati-hati dan
pelan-pelan saat memasangnya supaya mainboar tidak rusak/patah.

Gambar 3.6 Pemasangan Mainboard
f. Pasang VGA Card
Setelah
mainboard terpasang casing, langkah selanjutnya adalah memasang VGA
(Video Grapic Array) Card. Cara pasang VGA Card pada dasarnya hampir
sama dengan cara memasang memori yaitu dengan menyesuaikan cekungan slot yang
ada pada mainboard. Penempatan VGA Card pada mainboard bisa anda lihat pada
table mainboard manual diagram instruction yang menunjukan AGP Slot
g. Pasang
Power Supply (Catu Daya)
Langkah selanjutnya adalah
memasang power supply atau catu daya. Power supply terletak pada bagian pojok
atas dibagian belakang casing. Cara memasangnya cukup mudah, yaitu dengan
menempatkanya pada tempat (bays) Power supply yang sudah di sediakan kemudian
mengencangkan baud-baudnya dengan obeng.Jangan sampai goyang dan pastikan tidak
dengan posisi terbalik(Upside down).

Gambar
3.8 Pemasangan Power Supply
h.Pasang
kabel-kabel Matherboard
Sabungkan semua kabel-kabel
yang tersedia pada power supply
kemain board untuk memberikan daya.Atur sesuai gambar dibawah dan tinggalkan
kabel untuk HDD(Hardisk Drive) dan
ODD(Optical Device Drive)

Gambar
3.9 Pemasangan Kabel-kabel Mainboard
I.Pasang ODD(Optical Device
Drive) Seperti DVD Dan HDD(Hardisk Drive)
Setelah kabel-kabel power supply
terpasang pada mainboard, langkah selanjutnya adalah memasang Hard Disk Drive
Pada casing. Sesuaikan pada masing-masing Hard Drive Sesuai dengan
ruangan Drive pada casing (Bays) Biasanya untuk DVD (Digital Versatile Disk) diletakkan pada casing bagian paling
atas depan, sedangkan HDD (Hardisk Drive) terdapat bays tersendiri. Buka penutup
bays Drive pada casing dan kemudian pasang dan kencangkan baud-baudnya.Jika
Hard Drive telah terpasang sempurna, kemudian colokkan kabel pada power supply,
pada masing Hard Drive.
j.
Finishing/Penyelesaan
Setelah semua kabel dan
konektor telah tersambung, begitu pula pada mainboard
pada casing.Kini saatnya
melakukan finishing dengan mengecek seluruh fungsi dari komponen-komponen yang
telah dirakit menjadi sebuah computer PC.Langkah-langkah pengecekan yang dapat
anda lakukan adalah sebagai berikut:
a. Pasang penutup casing dengan sempurna menggunakan
perkakas obeng.
b. Pasang kabel port VGA kemonitor dan colokkan kabel
power pada monitor
c. Colokkan kabel power CPU ke socket/seklat listrik
dan nyalakan
k.
Test PC (Personal Computer)
Saat monitor dan PC
dinyalakan, jika tak ada masalah,maka selanjutnya PC akan masuk pada mode POST
dan tinggal melakukan pengaturan setting BIOS.Permasalahan yyang sering terjadi
adalaah kesalahan pemasangan kabel, pemasangan komponen yang tidak pas dan lain
sebagainya.Biasanya kesalahan tersebut akan langsung terdeteksi dan PC akan
mengeluarkan tanda berupa bunyi beep dengan nada yang teratur. Periksa kembali
pemasangan kabel dan cek posisi komponen-komponenya.
No comments:
Post a Comment