BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Prakerin
Prakerin adalah
suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan
sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program perusahaan yang
diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu
tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat
dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu
pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita
berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui
proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri.
Pendidikan
Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang
profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat
menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang
melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat
dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem
Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum
mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa
peraturan tentang Prakerin dan keputusan Menteri adalah sebagai berikut :
Undang-Undang.
No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta
didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya
di masa yang akan datang.
Peraturan
Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan
meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam
mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam
sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan
pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan
dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
Peraturan
pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan
Nasional, serta Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang
berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur
yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”
1.2
Maksud dan Tujuan Prakerin
1.
Diharapkan dapat menambah wawasan
dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna
memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di
lapangan.
2.
Meningkatkan pengetahuan siswa pada
aspek-aspek usaha yang professional dalam lapangan kerja antara lain struktur
organisasi, jenjang karir dan teknik.
3.
Untuk mencapai Visi dan Misi SMKP Ciwaringin.
4.
Mengimplotasikan antara pendidikan
disekolah dan diluar sekolah.
5.
Untuk memperkenalkan siswa pada
dunia usaha.
6.
Menumbuhkan dan meningkatkan sikap
profesional yang di perlukan siswa untuk
memasuki dunia usaha.
7.
Memperkokoh link and mach antara SMK dan dunia kerja.
1.3
Tujuan Penulisan
Laporan Prakerin
1.
Dapat mengenali suatu pekerjaan
industri dilapangan sehingga setelah selesai dari SMKP Ciwaringin dan
terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak
asing lagi baginya.
2.
Dapat menambah keterampilan dan
wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
3.
Untuk mengasa keterampilan yang
telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi SMKP Ciwaringin.
4.
Dapat menghasilkan tenaga kerja yang
berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan,
keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
1.4
Waktu dan Tempat
Prakerin
a.
Waktu Pelaksanaan Prakerin
Prakerin
berlangsung selama kurang lebih dua setengah bulan yaitu dari tanggal 24 Desember sampai 01
Maret
2013 dan di lanjutkan dengan penyusunan laporan sebagai bentuk pertanggung jawaban
selama Prakerin di Zam-Zam.Net Budur.
Prakerin di
mulai dari tanggal 24 Desember 2013
sampai 01 Maret 2014 dengan sistem 6 hari kerja yaitu dari hari senin sampai
dengan hari Sabtu. Dan waktu kerja di mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul
16.00 WIB.
b.
Tempat Pelaksanaan Prakerin
No comments:
Post a Comment